Beranda > BlackBerry > Cara Upgrade OS BlackBerry

Cara Upgrade OS BlackBerry

Berikut adalah tips sederhana untuk upgrade Operating System (OS)
Blackberry kita.

HARDWARE YANG DIBUTUHKAN
1. Blackberry dalam kondisi bener (kaga rusak)
2. Komputer / Laptop dengan OS minimal windows XP
3. Kabel Data bawaan Blackberry nya
4. CD Program bawaan BB (isinya adalah Desktop Manager)

SOFTWARE YANG DIBUTUHKAN
1. Desktop Manager (DM)
2. Program JL Commander / BBSAK (Blackberry Swiss Army Knife / Master
Control Program for BB)
3. OS nya

Untuk mendownload software diatas, bisa dari masing2 situs asli nya
yaitu
1. DM dari http://www.blackberry.com
2. JL Commander, BBSAK, MCPX = saya ga apal nama situsnya tapi bisa
search di GOOGLE
3. OS dari www,blackberry.com ATAU banyak situs2 informasi BB yang
akan langsung nge link ke situs official punya RIM (research in
motion / pembuat BB)
diantaranya
http://www.blackberryrocks.com
http://www.blackberryos.com
– dll
Di situs di atas carilah informasi / section mengenai Operating System
(OS)

3 jenis software diatas juga bisa didownload dari situs upload lokal
(lebih cepet malahan downloadnya) tapi ya mungkin terkadang ga
lengkap :
http://jeruknipis.com/download
http://blackberry.bosen.net
http://bb.antihackerlink.or.id
>>>masuk ke section OS BB (kalau mau download OS BB), kalo cari
program2 kayak no 1 dan 2 ya di section program

OKAY anggaplah semua komponen sudah siap, saya ambil contoh OS yang
saya paai yaitu OS 5.0.0.593 dari CSL LIMITED
* Tips : mencari os juga bisa di google. asal tau kode / versi os nya.
masukin aja, misalkan 5.0.0.593 di kotak search nya google otomatis
dia akan cari semua situs yang ada link untuk download os tersebut.
dan 1 versi os bisa dikeluarkan oleh beberapa carrier / operator BB di
sleuruh dunia

1. INSTALL SEMUA KOMPONEN

a. install DM
b. install BBSAK / MCP / JLM (saya si lebih suka BBSAK)
c. install OS

a. DM akan membuat adanya folder di C:Programfiles/common files/
research in motion (selanjutnya saya singkat RIM biar ga kepanjangan)/
dan banyak folder lagi di dalamnya
b. BBSAK akan muncul di C:programfiles/BBSAK
c. OS akan muncul di dalam folder DM dengan nama folder SHARED/folder
OS (5.0.0.593_CSL blablabla)

INGAT : jika setelah install diminta untuk merestart komputernya, ya
patuhi saja. dan sabar mrnunggu ke proses berikutnya

Setelah install semuanya (khususnya si setalah install OS), cek ke
c:program files/common files/rim/apploader disitu ada file namanya
vendor.xml DELETE lah file tersebut.

NOTE : VENDOR.XML adalah kode keluaran OS nya, idealnya jika BB
tersebut carrier nya adalah T MOBILE ya seharusnya OS nya dari T
MOBILE juga. Merk Carrier biasanya ada di body BB bagian bawah depan.
Tapi untungnya kita masih bisa mengupgrade dengan OS carrier lain
namun memang dengan cara file VENDOR.XML itu di DELETE (supaya bisa
mengakomodasi antar carrier) dan CARA ini 100% aman (jangan takut !)

2. BACKUP SEMUA DATA DAN APLIKASI YANG INGIN DIBACKUP

a. Backup data BBM contact kita
Sebetulnya nanti juga akan di backup lagi di DM, tapi tidak ada salah
nya untuk berjaga -jaga. Masuk ke BBM pilih option dan backup. Arahkan
file backupnya ke MEDIA CARD (terserah taro dimana dan dinamain apa)

MULAI DARI PROSES INI BB NANCEP TERUS DI KOMPUTER

b. Backup data BB kita
Colokkan BB ke komputer, lalu nyalakan / klik DM, tunggu sampai proses
updating dan sejanisnya selesai. Kalau ditawarkan langsung upgrade,
pilih NO. cari menu BACKUP dan RESTORE, pilih lah BACKUP (terserah
file backup nya mau ditaro dimana di komputer kita dan mau dinamain
apa)

c. Backup aplikasi BB kita
NOTE : aplikasi yang dibackup disini HANYA aplikasi 3rd PARTY (atau
pihak ketiga) yaitu aplikasi keluaran non RIM (diluar FB, BBM,
Twiteer, YM, MSN, GOOTALK, AIM, ICQ, DOCTOGO, GAME)

KLik BBSAK, kalau diminta input password ga usah, kosongin aja. Di
bagian bawah adalah 3 sheet menu utama yang dimasing2 sheet nya ada
menu lagi. (saya ga apal di sheet yang mana) tapi carilah BACKUP
APPLICATION (mungkin tulisan disingkat). Tunggu sampai selesai. File
backup ini akan lari ke C:program files / BBSAK / Backup
disitu banyak file COD aplikasi yang ada di BB kita

d. Mulai Proses Upgrade, saya jabarkan di bawah ini

PREUPGRADE
– Untuk hasil yang lebih baik data di bb kita harus dibersihkan
terlebih dahulu
– masih dengan BBSAK, klik menu WIPE, nanti ada pertanyaan low level
wipe, di YES kan saja, tunggu sampai bb me reboot dan nyala kembali
– masih dengan BBSAK, klik menu FACTORY RESET, ada pertanyaan, YES
kan, tunggu sampai bb mereboot dan nyala kembali dan akan menjadi
blank PUTIH ada tulisan 507 error (itu tandanya BB kosongan kaga ada
isinya)

UPGRADE
– ada 2 cara (sama aja sih), terserah yang mana
Dari BBSAK, klik LOAD OS, menu ini sebetulnya sama aja kalo kita ke
c:programfiles/commonfile/RIM/apploader/loader.exe <<< klik loader
exe
– tunggu sampai proses disitu selesai, dan next lah terus sampai nanti
ada banyak kolom2 pilihan aplikasi yang mau diinstall berbarengan
dengan OS
– aplikasi2 tersebut adalah bahasa, doctogo, games, BBM, YM, dll
(aplikasi ini mau diinstall ya monggo ga juga gpp, bisa nanti lagi)
karena biasanya versi aplikasi nya ada yang belum terbaru
– setelah semua dicentangin yang perlu – perlu, next terus dan tunggu
sampai proses upgrade selesai
– akan ada kolom FINISH kalau udah kelar.
– BB mereboot
– selesai

RESTORE DATA dan APLIKASI

TIPS : beberapa aplikasi memiliki setting khusus baik dari setting
aplikasi maupun preferensi di dalamnya seperti contact pada BBM
ataupun setig facebook. SO sebaiknya sebelum RESTORE DATA download lah
dulu BBM, YM, FB (bisa juga dengan tadi mencentang waktu di upgrade OS
diatas tadi prosesnya)
JADI pas restore data, palikasinya sudah tersedia, ga perlu 2 kali
restore

RESTORE APLIKASI
TIPS : seluruh COD yang dari folder BACKUP diatas tadi, sebaiknya copy
kan ke folder MY DOCUMENT di komputer anda karena secara sistem
default, BBSAK merestore / install COD dari my document (tujuannya
biar ga bolak balik)
– BBSAK , pilih install COD, tinggal pilihlah 1 per 1 COD palikasi apa
aja yang mau diinstall, sabar jangan buru2, ditunggu 1 per 1 setiap
kali install sampai tiap kali install ada pemberitahuan install cod
sukses
– teruslah sampai selesai semua.
NOTE : mungkin ada kalanya beberapa aplikasi setelah diinstall si BB
butuh restart, ya sabar tungguin

RESTORE DATA
– dengan DM, masuk ke menu BACKUP RESTORE, tinggal klik RESTORE data
yang tadi kita backup.
– selesai

NOTE : untuk yang BBM CONTACT NYA BANYAK, SANGAT WAJAR harus sabar
menunggu contact restore nya pulih, pasti akan terasa LEMOT dan butuh
tarikan banyak data (panah di kanan atas akan narik terus) karena dia
butuh merestore data contact group dan photo2 nya.

SELESAI dan BB anda sudah naik versi dengan kecepatan serta kinerja
yang lebiih baik lagi (tergantung OS nya juga si)

SELAMAT MENCOBA

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: